UMKU Selenggarakan International Syimposium on Science; “Technology and Complementary Therapies Based Health Innovations”

Kudus (14/12/22) Universitas Muhammadiyah Kudus selenggarakan Seminar Internasional dengan tema “Technology and Complementary Therapies Based Health Innovations for Healthy Indonesia.

Forum ini meghadirkan lima pembicara expert dibidangnya : Elvira l. Urgel, MAN, Ph.D, RN Centro Escolar University (Philippine), Prof. Dr. Rusli Bin Nordin MAHSA University Malaysia, Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes (PBI IBI), Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, M.Si., Ph.D (Ketua APTFMA), Dr Wayan Ardani, S.S., M.M., CPHCM (Ketua Lembaga Internasional Univ. Mahendradatta Bali), Noor Cholifah, S.SiT., M.Kes (Ketua LPPM UMKU).

Acara dibuka langsung oleh Rektor UMKU. Dalam sambutannya beliau mengapreasiasi forum ilmiah tersebut. “Simposium internasional ini secara tidak langsung kita mengambil peran untuk menjadi bagian dari forum ilmiah yang mewadahi pengembangan inovasi terapi komplementer di bidang kesehatan yang berkemajuan, melalui publikasi prosiding dan arsip dokumentasi progres di lapangan” tutur Dr. Ns. Rusnoto, SKM., S.Kep., M.Kes (Epid). Beliau juga menngingatkan pentingnya megembangkan terapi komplementer. Menurutnya terapi komplementer seperti akupuntur, kiropraktik, osteopati, homeopati, dan herbal, merupakan terapi alternatif disamping pengobatan medis pada umumnya perlu terus ditingkatkan.

Senada dengan rektor, Ketua LPPM UMKU dalam kesempatan terpisah menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan penelitian. Menurutnya, “Seminar ini bertujuan untuk mencurahkan ide atau gagasan hasil penelitian” tutur Noor Cholifah, S.SiT., M.Kes . “Peserta seminar juga dapat bertukar informasi, pengalaman maupun pengetahuan sehingga dapat menambah wawasan dan kematangan berpikir ilmiah, ini juga bisa menjadi sarana untuk menjalin kerja sama antar peneliti sebidang dan dapat dikembangkan lagi untuk memajukan dunia Kesehatan” pungkasnya.

Seminar Internasional yang diinisiasi oleh LPPM UMKU ini diikuti peserta dari dalam dan luar negeri. Acara yang diselenggarakan melalui aplikasi komunikasi zoom meeting tersebut berjalan lancer dan dinamis. (AR Humas)

Bagikan ke :

WhatsApp
Telegram
Facebook
Threads
Email
X