Prodi D4 TLM UMKU Selenggarakan Kuliah Pakar “Laboratorium Medik dalam Pemeriksaan Klinis dan Serologis di Laboratorium”

Kuliah pakar kembali digelar Prodi D4 Teknik Laboratorium Medik Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU). Kegiatan ini menghadirkan pembicara expert dibidangnya; (1) dr. Arief Adi Saputra M.Biomed M.M. (2) Nurul Islamiyah, S.Tr. A.K., M.Kes, (3) Prof. Dr. Hemayanti, M..Si,, dan (4) Cici Farhana Ambarwanty Mohtar, S.S. M.Si.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan Fakutas Kesehatan UMKU Indanah M.Kep. Ns. Sp.Kep. A. Dalam sambutannya, Ia menyatakan kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi UMKU dengan Politeknik Yakpermas Banyumas, kita harap diskusi ilmiah ini membawa kemanfaatan untuk kita semua, khususnya kajian mendalam dan komprehensif tentang keilmuan dalam pemeriksaan klinis dan serologis. Webinar ini juga merupakan implementasi dari kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Hadir sebagai pembicara pertama dr. Arief Adi Saputra M.Biomed M.M menjelaskan tentang cara menganalisis penyakit Diabetes Melitus. Menurutnya, penyakit ini ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor seperti obesitas, penuaan, dan genetic, perlu olahraga rutin, berhenti merokok, mejaga berat badan ideal, minum air putih, dan melakukan pemeriksaan secara berkala.
Lebih ke arah teknis, Nurul Islamiyah, S.Tr. A.K., M.Kes. menyebutkan “Kesalahan laboratorium dapat menyebabkan perawatan yang tidak tepat kepada pasien, laboran harus memiliki pemahaman dan mampu mengevaluasi yang baik tentang penyebab kesalahan serta pencegahan sangat penting untuk mengurangi terjadinya kesalahan laboratorium.
Selanjutnya Prof. Dr. Hemayanti, M..Si, mengulas tantang Imounoserologi pada inveksi virus, dan pembicara terakhir Cici Farhana Ambarwanty Mohtar, S.S. M.Si berbicara tentang kode etik profesi Teknik Laboratorium Medis.
Disikusi yang dilangsungkan secara daring pada 2 Agustus 2023 ini berjalan dinasmis dan lancar. Secara lebih lengkap, dapat disaksikan youtube UMKU. (AR)

Bagikan ke :

WhatsApp
Telegram
Facebook
Threads
Email
X